Penyebab Utama Nyeri Haid atau Menstruasi

Written By Lee on Jumat, 29 Juni 2012 | 00.06

Penyebab Utama Nyeri Haid atau Menstruasi - Penyebab Nyeri Haid | Kadang memang tak terhindarkan, nyeri haid yang biasa maupun yang serius sering menimbulkan penderitaan pada wanita selama masa haid atau menstruasi.
Penyebab Utama Nyeri Haid atau Menstruasi

Penyebab Utama Nyeri Haid atau Menstruasi

Nyeri Haid yang paling berat adalah terjadi pada hari pertama masa haid. Tapi tidak jarang juga wanita menderita nyeri haid mulai dari awal haid hingga hainya berakhir. Gejala yang sering dirasakan adalah sakit pada panggul, punggung, paha, kepala, nyeri pada perut bagian bawah, dan paha bagian dalam. Tidak jarang disertai juga dengan mual, muntah, diare, pusing, bahkan pingsan.

Tapi tahukah Anda apakah Penyebab Utama Nyeri Haid atau Menstruasi? Hal yang kerap disebut sebagai penyebab nyeri haid adalah faktor keturunan dan faktor psikis. Akan tetapi, akhir-akhir ini, zat kimia bernama prostaglandin, dinyatakan dapat meningkatkan nyeri haid. Prostaglandin ini merupakan senyawa kimia dalam darah yang bertugas mengatur beberapa aktivitas tubuh, termasuk aktivitas rahim. Bila kadar prostaglandin berlebih, maka kontraksi rahim pada masa haid bertambah sehingga terjadi nyeri yang hebat.

Masih adakah Penyebab Utama Nyeri Haid atau Menstruasi yang lainnya yang mungkin bisa dihindari oleh kaum Hawa? Penyebab Utama Nyeri Haid atau Menstruasi adalah karena konsumsi kafein maupun nikotin, disamping; stress, kurang istirahat, kurang olah raga, dan gizi yang tidak seimbang. Penyebab lain timbulnya nyeri luar biasa adalah adanya penyakit seperti endometriosis dan tumor pada rahim. Anda juga harus menyimak sebentar Bercinta Saat Wanita Sedang Haid yang ternyat bisa sangat membahayakan wanita.

Demikianlah artikel dan pembahasan singkat tapi cukup padat dan lengkap tentang Penyebab Utama Nyeri Haid atau Menstruasi yang sering dialami oleh kaum wanita.