Skripsi Pendidikan Bahasa Indonesia PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN TEKNIK OBJEK LANGSUNG MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL KOMPONEN PEMODELAN PADA SISWA KELAS XI IPS-2 SMA

Written By Lee on Rabu, 28 Mei 2014 | 02.09

Skripsi Pendidikan Bahasa Indonesia PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN TEKNIK OBJEK LANGSUNG MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL KOMPONEN PEMODELAN PADA SISWA KELAS XI IPS-2 SMA . Dibawah ini diterangkan mengenai ringkasan beberapa bab yang ada dalam skripsi ini

 Silahkan teman-teman yang berminat dengan judul ini untuk mempelajari beberapa sub bab yang diterangkan dibawah, semoga dapat membantu teman-teman yang sedang mengejar tugas skripsi, sepengetahuan saya ada cara mudah dan cepat menyelesaikan skripsi yaitu mencari skripsi sebanyak-banyaknya yang cepat langsung saja ke skripsimsword.com, tidak perlu kemana-mana lagi hemat waktu, filenya sudah bentuk word tidak perlu ngetik lagi hemat waktu, paket pasti dikirim pelayanannya cepat bisa hemat waktu. Filenya banyak isinya bagus-bagus, saya tahu sendiri makanya saya berani merekomendasikan. Tapi itu terserah teman-teman saya hanya ingin beritahu cara dan tempat menemukan barang barang tersebut. Oke kembali lagi ke artikel ...



Tujuan Penelitian
  1. Mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan menggunakan teknik objek langsung pada siswa kelas XI IPS-2 SMA Negeri 1
  2. Mendeskripsikan perubahan sikap dan tingkah laku siswa kelas XI IPS-2 SMA Negeri 1 setelah mendapatkan pembelajaran menulis paragraf deskripsi melalui teknik objek langsung
Desain Penelitian
Penelitian ini menggunakan prosedur tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas merupakan suatu bentuk kajian yang bersifat reflektif oleh pelaku tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan keterampilan rasional dari tindakan-tindakan mereka dalam melaksanakan tugas memperdalam pemahaman terhadap tindakan yang dilakukan, serta memperbaiki kondisi di mana praktik pembelajaran tersebut dilakukan.

Penelitian tindakan kelas ini, dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus II. Setiap siklus memiliki empat tahap, yaitu: (1) perencanaan (persiapan), (2) tindakan (aksi), (3) observasi (pengamatan), (4) refleksi (evaluasi).

Tahap-tahap yang dilakukan dalam penelitian adalah sebagai berikut
Perencanaan, Hal yang dilakukan peneliti pada tahap perencanaan ini adalah
  1. Menyusun (RPP) rencana pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan tindakan yang akan dilakukan,
  2. Menyusun pedoman observasi, wawancara, dan jurnal,
  3. Menyusun rancangan evaluasi,
  4. Menentukan objek dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi, dan
  5. Mempersiapkan alat dokumentasi.
Tindakan
Tindakan penelitian merupakan pelaksanaan dari rencana yang telah dibuat sebelumnya. Tindakan yang dilakukan adalah pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan menggunakan teknik objek langsung.

Observasi
Pada kegiatan observasi wawancara dengan siswa. Observasi ini bertujuan untuk mengetahui pendapat siswa secara lisan. Melalui kegiatan ini dapat diketahui sikap dan pendapat siswa terhadap pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan menggunakan teknik objek langsung.

Adapun observasi pada data nontes berupa dokumentasi foto dilakukan untuk memperkuat hasil observasi data nontes lainnya. Observasi ini sebagai bukti visual selama pembelajaran berlangsung.

Melalui observasi ini dapat dilihat gambar foto berupa sikap siswa pada saat pembelajaran menulis paragraf deskripsi dilaksanakan yaitu ketika siswa mengamati objek sesuai dengan pembagian kelompok diantaranya objek ruang perpustakaan, ruang kelas IPS-2, kantin sekolah dan taman sekolah. Hasil keseluruhan observasi baik dari data tes dan nontes ini digunakan sebagai hasil observasi.

Observasi data tes berupa keterangan hasil tes dan sikap siswa pada saat menulis paragraf deskripsi. Sedangkan, observasi data nontes berupa keterangan sikap siswa pada saat dilakukan observasi, pengisian jurnal, wawancara dan dokumentasi foto.

Data observasi ini, digunakan sebagai keterangan kegiatan siswa selama pembelajaran menulis paragraf deskripsi berlangsung. Data observasi yang diperoleh pada siklus I sebagai acuan untuk perbaikan pada siklus II, serta dijadikan sebagai bahan refleksi.

Demikian tadi uraian mengena beberapa bab yang ada dalam Skripsi Pendidikan Bahasa Indonesia PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN TEKNIK OBJEK LANGSUNG MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL KOMPONEN PEMODELAN PADA SISWA KELAS XI IPS-2 SMA
. Semoga bermanfaat.