Penyakit Depresi Serang Orang Introvert dan Pendiam

Written By Lee on Rabu, 19 September 2012 | 21.13

Penyakit Depresi Serang Orang Introvert dan Pendiam - DEPRESI adalah salah satu penyakit kejiwaan yang kerap terjadi di masyarakat. Umumnya, mereka menganggap ini sebagai hal biasa dan normal. Padahal, depresi jika dibiarkan dapat mengarah pada penyakit kejiwaan yang lebih berat.

Penyakit Depresi Serang Orang Introvert dan Pendiam
Penyakit Depresi Serang Orang Introvert dan Pendiam
Pada umumnya, depresi dapat menyerang siapa saja, namun orang-orang introvert atau yang memiliki kepribadian yang lebih pendiam dan menyimpan semua masalahnya sendiri cenderung berisiko terkena depresi. Seperti yang diungkapkan oleh dr. Cecilia Januette S., SpKJ, Mkes, seorang spesialis kedokteran jiwa.

“Kecenderungan depresi menyerang orang introvert. Biasanya, orang yang memiliki sifat ini lebih suka menyimpan masalahnya sendiri dan tentu akan buruk jika dia berpikir negatif tentang dirinya sendiri, tanpa ada masukan positif dari orang lain,” tutur dr.Cecil di RS Awal Bros, Tangerang, Rabu (19/9/2012).

Pemikiran negatif mempunyai pemikiran sendiri tanpa berbagi dengan orang lain, biasanya menjadi salah satu faktor orang menjadi depresi.

“Kadang orang membiarkan depresi di dalam dirinya. Padahal seharusnya, jika Anda merasa Anda depresi, segeralah temui dokter atau ahli yang dapat membantu. Jika dibiarkan, justru dapat menjadi masalah kesehatan kejiwaan Anda, berbagi dengan sahabat, keluarga, atau orang yang Anda percaya, serta berpikirlah secara positif adalah cara yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari depresi, tutup dr. Cecil.