Mengobati Diabetes Secara Tradisional dengan Kari

Written By Lee on Rabu, 08 Agustus 2012 | 06.04

Mengobati Diabetes Secara Tradisional dengan Kari - KARI merupakan masakan kaya rempah yang khas dengan rasa pedas dan tajam. Sajian itu menjadi santapan khas warga Asia. Nah, tahukah Anda bila kari memiliki khasiat sebagai penghalau penyakit diabetes?
Mengobati Diabetes Secara Tradisional dengan Kari

Mengobati Diabetes Secara Tradisional dengan Kari

Sudah tahu cara mengobati diabetes secara tradisional dengan kari ?.. Sudah selayaknya Anda mengetahui bahwa ternyata kari sangat berkhasiat untuk mengobati diabetes melitus.

Mengobati Diabetes Secara Tradisional dengan Kari

Sebuah penelitian menemukan dosis harian kurkumin pada kari mampu mencegah diabetes pada orang yang menderita pradiabetes, yaitu kadar gula darah tinggi yang dapat berlanjut menjadi diabetes tipe 2.

Kurkumin merupakan senyawa dalam rempah-rempah kunyit. Penelitian sebelumnya menunjukkan senyawa itu ampuh melawan peradangan penyebab kerusakan sel-sel tubuh.

"Karena manfaat dan keamanannya, kami mengusulkan ekstrak kurkumin dapat digunakan untuk terapi intervensi menangani pradiabetes," kata ketua studi Somlak Chuengsamarn dari Srinakharinwirot University di Nakomnayok, Thailand.

Penelitian melibatkan 240 orang dewasa Thailand penderita pradiabetes. Secara acak, mereka diminta meminum kapsul kurkumin atau plasebo. Yang meminum enam kapsul suplemen kurkumin sehari, masing-masing berisi 250 miligram kurkuminoid, sembilan bulan kemudia, 19 dari 116 pasien plasebo memiliki potensi mengembangkan diabetes tipe 2. Sedangkan yang meminum kurkumin tidak ada sama sekali.

Para peneliti menemukan suplemen kurkumin tampaknya meningkatkan fungsi sel beta yaitu sel-sel dalam pankreas yang melepaskan gula darah pengatur hormon insulin. Mereka berspekulasi bahwa efek antiinflamasi membantu kurkumin melindungi sel beta dari kerusakan.

Namun, seorang pakar diabetes yang tidak terlibat dalam penelitian mengatakan masih terlalu dini untuk menyimpulkan kurkumin bisa dijadikan suplemen harian.

"Hasil ini memang terlihat menjanjikan, namun masih banyak pertanyaan mengenai khasiat kurkumin ini," kata Constance Brown-Riggs, pendidik diabetes dan juru bicara Akademi Gizi dan Diet.

Demikianlah informasi kuliner dan kesehatan yang berjudul "Mengobati Diabetes Secara Tradisional dengan Kari" dari F Pos yang semoga bermanfaat. Dari informasi ini berarti Anda yang menderita diabetes perlu membiasakan diri makan kari.