Bahaya Dari Minum Teh Bagi Kesehatan

Written By Lee on Senin, 21 Mei 2012 | 16.38

Bahaya Dari Minum Teh Bagi Kesehatan - Teh memang dapat menawarkan Manfaat dan Bahaya bagi para peminumnya. Silahkan baca artikel Manfaat Teh Untuk Kesehatan. Dan tahukah kita bahwa ada juga orang dengan kasus khusus lebih ditekankan untuk tidak mengkonsumsi teh terlalu banyak karena bisa menjadi bumerang bagi kesehatannya.

Bahaya Dari Minum Teh Bagi Kesehatan

Orang-orang dengan Bahaya Dari Minum Teh Bagi Kesehatan :

1. Bahaya Dari Minum Teh Bagi Kesehatan orang yang fungsi ginjalnya bermasalah dan mereka yang kandung keminya tidak bisa menahan kencing ( inkontinensia ) karena teh bersifat memperlancar pembuangan air seni. Terlau banyak mengkonsumsi teh akan mengganggu fungsi ginjal, sehingga orang yang memiliki masalah ginjal  akan makin memperparah kerusakan ginjalnya.

2. Bahaya Dari Minum Teh Bagi Kesehatan Wanita hamil. Wanita hamil memerlukan lebih banyak jenis nutrisi untuk menyuplai kebutuhan tubuh sekaligus janin dalam kandungannya. Jika berlebihan mengkonsumsi teh akan berakibat zat tanin atau samak dalam teh akan bersenyawa dengan zat besi dalam makanan yang dikonsumsi si ibu hamil yang pada gilirannya akan menjadi semacam kompon yang tidak bisa diserap tubuh. Keadaan ini cukup berbahaya karena disamping bisa memicu anemia serta rendahnya zat besi pada ibu hamil, juga bisa menyebabkan janin dalam kandungan kekurangan zat besi bawaan. Hal ini berakibat setelah lahir bayi akan menderita anemia serta kekurangan zat besi.

3. Bahaya Dari Minum Teh Bagi Kesehatan Wanita yang sedang menyusui
Ibu menyusui sangat dianjurkan untuk menghindari kebiasaan minum teh kental karena kafein pada teh akan mempengaruhi produksi air susu, sehingga ASI menjadi berkurang. Fakta lain juga menunjukkan bahwa kafein juga bisa masuk kedalam tubuh bayi melalui air susu yang merangsang usus bayi sehingga menjadi kejang dan ini sangat menyakitkan dan tidak nyaman bagi bayi.

4. Bahaya Dari Minum Teh Bagi Kesehatan Orang yang sedang demam
Bagi orang yang sedang mengalami demam, mengkonsumsi tehtidak akan menurunkan panas tubuh melinkan sebaliknya akan meningkatkan panas tubuhnya. Ini disebabkan theophyline di dalam teh akan meningkatkan panas tubuh. Pada sisi lain dengan minum teh fungsi obat penurun suhu badan menjadi hilang atau berkurang.

5. Bahaya Dari Minum Teh Bagi Kesehatan Orang yang lemah saraf dan mengalami insomnia
Orang yang menderita lemah saraf dan mengalami insomnia sebaiknya tidak minum teh karena hanya akan semakin memperparah keadaannya. Penyebabnya adalah kandungan kafein pada teh memicu gairah pada sistem saraf dan meningkatkan metabolisme dasar, sehingga penderita semakin sulit tidur dan merasa gelisah.

6. Bahaya Dari Minum Teh Bagi Kesehatan Orang yang kurang darah
Zat besi yang terkandung dalam makanan terserap oleh saluran pencernaan dalam bentuk feros hidrosida koloid. Karena dalam bentuk koloid, tubuh tidak mampu menyerap Zat besi ini secara langsung. Masih diperlukan bantuan getah lambung dan barulah kemudian bisa diserap tubuh. Asam tanat yang terkandung dalam teh sangat reaktif membentuk peryenyawaan dengan zat besi dengan hasil berupa Asam Tanat Feros yang akan menghalangi proses penyerapan zat besi ke dalam tubuh. Bila badan orang yang kurang darah mengalami kekurangan zat besi, hemoglobin sintetis pada tubuh juga berkurang, sehingga penyakitnya pun bertambah parah.

7. Bahaya Dari Minum Teh Bagi Kesehatan Orang yang mengalami sembelit
Orang yang mengalami sembeli harus tidak mengkonsumsi teh kental karena asam tanat dalam teh menjadi astringen yang akan melemahkan penggeliangan saluran usus. Apabila pasien ini nekat minum teh kental maka bisa dipastikan penyakitnya menjadi makin parah.

8. Bahaya Dari Minum Teh Bagi Kesehatan Anak-anak
Mengkonsumsi teh tidak baik untuk anak-anak. Penyebabnya adalah setelah minum teh anak-anak akan terangsang semangatnya, selera makannya berkurang, selaput lendir pada organ pencernaan menurun sehingga menganggu pencernaan makanan dan kemampuan penyerapannya. Asam tanat yang terkandung dalam teh juga  akan menurunkan penyerapan vitamin B dan Zat Besi dalam makanan yang berakibat menurunnya hemoglobin dan menuyustnya volume eritrosit, sehingga anak akan mudah terserang anemia atau kurang darah.

9. Orang yang positif menderita penyakit jantung wajib menjauhkan diri dari kebiasaan mengkonsumsi teh kental. Alasannya adalah kadar kafein dalam teh akan merangsang orang serta menaikkan tekanan darahnya. Akibatnya adalah jantung akan berdetak cepat, merasa sangat gelisah bahkan mengalami arrhythmia atau tidak adanya irama jantung. Dan ini bisa berakibat fatal.

Sekarang kita talah mengetahui manfaat dan Bahaya Dari Minum Teh Bagi Kesehatan.  Meskipun teh memiliki manfaat bagi kesehatan meskipun hanya bersifat sebagai preventif (mencegah), teh juga menyimpan bahaya bagi tubuh kita. Bahaya Dari Minum Teh Bagi Kesehatan harus betul-betul kita sadari.